PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Merina, Nina (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8116 121 013  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8116 121 013 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2 Nim. 8116121013 Approval Sheet.pdf]
Preview
Text
2 Nim. 8116121013 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of 3 Nim. 8116121013 Abstract.pdf]
Preview
Text
3 Nim. 8116121013 Abstract.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 4 Nim. 8116121013 Acknowledment.pdf]
Preview
Text
4 Nim. 8116121013 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5 Nim. 8116121013 Table of Content.pdf]
Preview
Text
5 Nim. 8116121013 Table of Content.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 6 Nim. 8116121013 Table.pdf]
Preview
Text
6 Nim. 8116121013 Table.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7 Nim. 8116121013 Illustration.pdf]
Preview
Text
7 Nim. 8116121013 Illustration.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8 Nim. 8116121013 Appendices.pdf]
Preview
Text
8 Nim. 8116121013 Appendices.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9 Nim. 8116121013 Chapter I.pdf]
Preview
Text
9 Nim. 8116121013 Chapter I.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of 13 Nim. 8116121013 Chapter V.pdf]
Preview
Text
13 Nim. 8116121013 Chapter V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 14 Nim. 8116121013 References.pdf]
Preview
Text
14 Nim. 8116121013 References.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah hasil belajar menggambar bentuk siswa yang menggunakan media pembelajaran modul lebih tinggi dari pada hasil belajar menggambar bentuk siswa yang menggunakan media pembelajaran buku pegangan siswa, (2) Apakah hasil belajar menggambar bentuk antar siswa dengan kebiasaan belajar Delay Avoidance (DA) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kebiasaan belajar Work Methods (WM), (3) Interaksi antara media pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar menggambar bentuk.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Populasi berjumlah 573 siswa. Pengambilan sampelnya dipilih secara acak (cluster random sampling) yaitu kelas X TGB 1 (menggunakan modul) sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 (menggunakan buku pegangan siswa) sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes praktek keterampilan menggambar bentuk dan tes angket kebiasaan belajar siswa, yang masing-masing tes telah memenuhi syarat validasi dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,435 dan 0,741. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α=0,05 yang dilanjutkan dengan uji scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar menggambar bentuk siswa yang menggunakan media pembelajaran modul lebih tinggi dari pada hasil belajar menggambar bentuk siswa yang menggunakan media pembelajaran buku pegangan siswa, dengan nilai signifikan F hitung = 7,81 > F tabel =4,05, (2) Hasil belajar menggambar bentuk siswa yang memiliki kebiasaan belajar Delay Avoidance (DA) lebih tinggi dari pada hasil belajar menggambar bentuk siswa yang memiliki kebiasaan belajar Work Methods (WM), dengan nilai signifikan F hitung = 10,88 > F tabel =4,05, (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar menggambar bentuk siswa, dengan nilai signifikan F hitung = 74,52 > F tabel =4,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran modul lebih tepat daripada media buku pegangan siswa dalam meningkatkan hasil belajar menggambar bentuk siswa, dan siswa yang memiliki kebiasaan belajar DA akan memperoleh hasil belajar menggambar bentuk yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kebiasaan belajar WM.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.52 Mer p
Keywords: Media modul; Buku pegangan siswa; Kebiasaan belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 May 2017 03:20
Last Modified: 05 May 2017 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24507

Actions (login required)

View Item
View Item