Azizah, Nur (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136172061 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8136172061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM. 8136172061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8136172061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 8136172061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 8136172061 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8136172061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8136172061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (799kB) | Preview
12. NIM. 8136172061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 8136172061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa (2) meningkatkan kemandirian belajar siswa (3) mengetahui aktivitas aktif siswa (4) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran (5) menganalisis proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Nurul Islam Indonesia Medan kelas VIII-2 sebanyak 30 orang. Instrument yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan koneksi matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis data yang dilakukan dengan menentukan persentase ketuntasan belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II terdiri dari 6 pertemuan. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) meningkatnya kemampuan koneksi matematis siswa. (2) meningkatnya kemandirian belajar siswa. (3) Aktifitas aktif siswa meningkat pada siklus II dengan kategori baik. (4) Proses penyelesaian jawaban siswa menyelesaikan tes kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa lebih baik. Sehingga pembelajaran menggunakan pendekatan realistik dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa. Pembelajaran dengan pendekatan realistik dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru matematika dalam menyajikan materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Azi u |
Keywords: | Pendekatan realistik; Koneksi matematis; Kemandirian belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 04:43 |
Last Modified: | 04 May 2017 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24499 |