Hasbi, Syaiful (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 BUNTU PANE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8106172051 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM 8106172051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
3. NIM 8106172051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8106172051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM 8106172051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM 8106172051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM 8106172051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM 8106172051 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8106172051 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 8106172051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) Peningkatan disposisi matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (3) Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah terkait kemampuan berpikir kritis matematis melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan pembelajaran biasa, (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran tipe Jigsaw II. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan disain penelitian yang digunakan adalah Pretest and Postes Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Buntu Pane Kabupaten Asahan. Secara acak dipilih dua kelas dimana kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan kelas kontrol diberi pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan berpikir kritis matematis, (2) Angket skala disposisi matematis dan (3) Angket respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dengan koefisien reliabilitas untuk tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket skala disposisi matematis siswa berturut-turut sebesar 0,98 (sangat tinggi) dan 0,90 (sangat tinggi). Analisis data dilakukan dengan uji t (satu arah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) Peningkatan disposisi matematis siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (3) Kesalahan yang dilakukan siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dalam menyelesaikan masalah terkait kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan indikator mengidentifikasi, menggeneralisasi, menganalisis, dan mengevaluasi masing-masing sebesar 2,83%, 33,33%, 33,14%, dan 35,23%, (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II adalah positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Has p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II; Kemampuan berpikir kritis matematis; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 04:36 |
Last Modified: | 04 May 2017 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24498 |