Dewi, Sari Cipta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL PADA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1 Nim 8156172035 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2 Nim 8156172035 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
3 Nim 8156172035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4 Nim 8156172035 Akcnowledment.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5 Nim 8156172035 Table of Content.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6 Nim 8156172035 List of Table.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7 Nim 8156172035 List of Illustration.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 Nim 8156172035 List of Appendices.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 Nim 8156172035 Chapter I.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
13 Nim 8156172035 Chapter V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14 Nim 8156172035 References.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural siswa, (2) interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Batang Kuis dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VIII-1 (eksperimen) dan kelas VIII-2 (kelas Kontrol) yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes KAM, (2) tes kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural pada materi lingkaran. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,665 dan 0,672 berturut-turut untuk tes kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa (2) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa. Peneliti menyarankan agar model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Dew p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Macromedia flash; Pemahaman konsep; Pengetahuan prosedural siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 04:19 |
Last Modified: | 04 May 2017 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24495 |