Tarigan, Restar (2017) PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SISWA DI SDN 060856 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM 8156181026 SAMPUL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
NIM 8156181026 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
NIM 8156181026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 8156181026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
NIM 8156181026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
NIM 8156181026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
NIM 8156181026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
NIM 8156181026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
NIM 8156181026 BAB I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
NIM 8156181026 BAB V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
NIM 8156181026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis. (1) Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa, (2) Pengaruh tingkat kreativitas terhadap hasil belajar IPA siswa. (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD 060856 Medan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model pemecahan masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes hasil belajar IPA dan angket kreativitas belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pemecahan masalah berbeda secara signifikan dan lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Siswa dengan kreativitas tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa dengan kreativitas rendah. Terdapat Interaksi antara kedua model pembelajaran dan tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitan ini menyarankan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah merupakan solusi dan alternatif pilihan guru dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Tar p |
Keywords: | Hasil belajar; Kreativitas; Pemecahan masalah; Sistem pencernaan; Makanan pada manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2017 09:56 |
Last Modified: | 03 May 2017 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24480 |