Ginting, Delvita Agus Sari (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA SATRIA BINJAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123311007 - Cover.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM 4123311007 - Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4123311007 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 4123311007 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM. 4123311007 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
7. NIM. 4123311007 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM. 4123311007 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM 41223311007 -DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
10. NIM 4123311007 - BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
14. NIM 4123311007 - BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM 4123311007 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 4123311007 - RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Swasta Satria Binjai Dengan menerapkan pendekatan Open-Ended. (2) Mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematika melalui pendekatan Open-Ended. (3) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pendekatan Open-Ended.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Satria Binjai T.A 2016/2017 yang berjumlah 28 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes berpikir kritis pada siklus I sebesar 65,93 dengan 60,71% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat berpikir kritis minimal kategori cukup kritis kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 83,24 dengan 85,71% dari jumlah siswa memiliki tingkat berpikir kritis minimal kategori cukup kritis. (2) Proses penyelesaian masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 57,14% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,86%. (3) Respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan open ended adalah positif dengan persentase pada siklus I sebesar 83,93 % dan pada siklus II sebesar 92,86 %.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 059 |
Keywords: | Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 02:44 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24354 |