Sinaga, Okto Aryo (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH MATERI TEKS FABEL PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123111060 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM.2123111060 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
3. NIM. 2123111060 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM.2123111060 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 2123111060 Tabel of Content.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM. 2123111060 Illustration.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 2123111060 Table.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 2123111060 Appendices.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 2123111060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 2123111060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. NIM. 2123111060 References.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengembangken media pembelajaran berbasis Macromedia Flash di SMP Negeri 3 Perbaungan kelas VIII dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif ini. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan tahap pengembangan Borg and Gall. Pengembangan media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash Professional 8 dengan langkah sebagai berikut: (1) Analisis kebutuhna guru dan siswa; (2) Mengembangkan produk awal; (3) Validasi ahli materi, media, desain; (4) Revisi; (5) Uji coba kelompok kecil; (6) Revisi; (7) Uji coba kelompok sedang; (8) Revisi; (9) Uji coba kelompok besar. Validasi ahli terdiri dari 1 ahli desain media pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 1 ahli materi dalam media pembelajaran. Uji coba lapangan terdiri dari 5 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, 9 orang siswa untuk uji coba kelompok sedang, 20 orang siswa untuk uji coba kelompok besar. Sebelum uji coba lapangan terlebih dahulu dilakukan validasi oleh ahli desain, media, dan materi. Pengembangan media dikatakan efektif setelah melalui uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok sedang, dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Validasi ahli media dalam kriteria sangat baik (93,665); (2) Validasi ahli materi dalam kriteria sangat baik (88,54); (3) Validasi ahli desain dalam kriteria sangat baik (94,71); (4) Uji coba kelompok kecil dalam kriteria baik (82,72); (5) Uji coba kelompok sedang dalam kriteria sangat baik (91,56); (6) Uji coba kelompok besar dalam kriteria sangat baik (93,95). Dengan demikian, pengembangna media pembelajaran berbasis macromedia flash layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran memahami teks fabel pada siswa kelas VIII Di SMP Negeri 3 Perbaungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 034 |
Keywords: | Pengembangan media; Borg and gall; Macromedia flash professional 8; Memahami teks fabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 08:47 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24337 |