Naibaho, Sahrolina (2017) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111021_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1132111021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM. 1132111021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. NIM. 1132111021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. 1132111021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 1132111021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1132111021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1132111021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1132111021_BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. NIM. 1132111021_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1132111021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah model Contextal Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui model Contextal Teaching and Learning (CTL) kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2017. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101766 Bandar Setia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi adalah keseluruhan siswa kelas VB yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar. Angket kemandirian belajar sebanyak 25 butir pernyataan yang diberikan kepada seluru siswa kelas V SD yang berjumlah 26 orang siswa. Dengan menggunakan rumus persentase. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan model Contextal Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa 3 orang siswa mengalami kemandirian belajar sebelum melakukan tindakan mencapai 11,5% dengan kriteria sangat kurang. Sedangkan pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan kemandirian belajar mencapai 42% dengan kriteria kurang, namun masih belum mencapai kriteria yang ditetapkan. Untuk itu pada siklus II peneliti melakukan perbaikan tindakan yang lebih menekankan materi pada dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Hasilnya pada siklus II terjadi peningkatan kemandirian belajar mencapai 81% dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia telah mengalami peningkatan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa melalui model pembelajaran Contextal Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 103 |
Keywords: | Kemandirian belajar; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran IPA; Operasional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 03:28 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24301 |