Sundari, Evi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATF GALLERY WALK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI POKOK PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI TINGKAT PUSAT DAN DAERAH SISWA KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111004_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1132111004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 1132111004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4. NIM. 1132111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 1132111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1132111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1132111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1132111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1132111004_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM. 1132111004_BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 1132111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan model gallery walk terhadap motivasi belajar PKn siswa pada materi pokok peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dan daerah. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model gallery walk terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PKn materi pokok peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dan daerah siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan yang berjumlah 63 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B, dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate yang terdiri atas dua kelas dengan jumlah 63 orang siswa yang terdiri dari 32 laki-laki dan 31 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dengan r_(hitung )= 0,950 dengan r_tabel=0,248 pada taraf kepercayaan 95% atau alpha 5% .Apabila dikonsultasikan ke dalam tabel interprestasi nilai r maka diketahui Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Materi Pokok Peraturan Perundang-Undangan di Tingkat Pusat dan Daerah Siswa Kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2016/2017 dikategorikan tinggi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t”. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t_hitung= 15,868 dengan signifikasi t sebesar 0,000 pada taraf signifikasi ρ < 0,05. Dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak karena 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang menyatakan “ Terdapat pengaruh yang positif antara penggunaan model gallery walk terhadap motivasi belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2016/2017 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 096 |
Keywords: | Motivasi belajar; Model pembelajaran; Gallery walk; Pkn |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 02:48 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24289 |