Rahman, Abdullah Bin Ab (2017) PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN TOLAK PELURU GAYA O’BRIAN DI KALANGAN SISWA KELAS XI SMA YAYASAN HARAPAN BANGSA KUALA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6124611001 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 6124611001 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
3. NIM. 6124611001 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM. 6124611001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
5. NIM. 6124611001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 6124611001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM. 6124611001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 6124611001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 6124611001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
10. NIM. 6124611001 BAB I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 6124611001 BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
15. NIM. 6124611001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran tolak
peluru gaya O'brien dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa
kelas XI SMA Yayasan Harapan Bangsa Kuala Tahun Ajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMA Yayasan Harapan Bangsa Kuala
Tahun Ajaran 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
yang berjumlah 32 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk
mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar
yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan penggunaan metode
resiprokal. Setelah itu maka diambil tes hasil belajar pada pre-tes, dan dilakukan
post tes siklus I dan siklus II yang berbentuk proses pelaksanaan melakukan tolak
peluru gaya O'brien
Berdasarkan hasil tes awal yang diambil pada siswa kelas XI SMA Yayasan
Harapan Bangsa Kuala. Dari 32 siswa terdapat 12 siswa (37,5%) yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa
63,08. Hasil dari siklus I terdapat 19 siswa (59,38%) dari 32 siswa yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa
70,11. Disiklus II terdapat 27 siswa (84,38%) dari 32 siswa yang telah mencapai
tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,16. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penggunaan metode Resiprokal dapat memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar tolak peluru gaya O'brien pada
siswa kelas XI SMA Yayasan Harapan Bangsa Kuala Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 057 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Tolak Peluru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 08:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24259 |