Arwira, Tiara Mahdalena (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRIS KELAS X SEMESTER II DI SMA SWASTA CERDAS MURNI TEMBUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM 4121121029_COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2_NIM 4121121029_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3_NIM 4121121029_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4_NIM 4121121029_PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5_NIM 4121121029_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6_NIM 4121121029_TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7_NIM 4121121029_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8_NIM 4121121029_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9_NIM 4121121029_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13_NIM 4121121029_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14_NIM 4121121029_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berpikir induktif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada
materi optika geometris kelas X semester II di SMA Swasta Cerdas Murni
Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group
pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X
semester II yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas X-2 sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran berpikir induktif yang berjumlah 30
orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran
konvensional yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban
yang telah divalidkan oleh validator, observasi aktivitas belajar, sikap dan
keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer.
Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai
uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen
adalah 30,2 dan kelas kontrol adalah 26,8, setelah pembelajaran selesai diberikan
posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 74,7 dan kelas kontrol 62,2.
Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa
data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen.
Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,008 > 1,59), artinya ada
pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran berpikir
induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi optika geometris kelas X
semester II di SMA Swasta Cerdas Murni Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas siswa kelas eksperimen adalah 77,34
termasuk dalam kriteria aktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 060 |
Keywords: | quasi eksperiment, berpikir induktif, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 02:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24220 |