Prasetyo, Gihari Eko (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 050660 KWALA BINGAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182020 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM. 8156182020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM. 8156182020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8156182020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 8156182020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 8156182020 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8156182020 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8156182020 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 8156182020 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 8156182020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 8156182020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
15. NIM. 8156182020 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 050660 Kwala Bingai yang sesuai dengan model pembelajaran saintifik dan menganalisis apakah media pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan yaitu model 4-D (four D models). Rancangan dalam uji coba menggunakan design Pre-test and Post-test pada setiap siklus uji coba.Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: Media Pembelajaran berbentuk CD telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada hasil post-test siswa pada uji coba I prosentase ketuntasan klasikal sebesar 86% dengan 30 siswa atau 88%dinyatakan tuntas. Dan 4 siswa atau 12% dinyatakan belum tuntas. 3) Kepraktisan media pembelajarn siswa disimpulkan berdasarkan respon guru dan respon siswa ; (i) respon siswa terhadap media pembelajaran pada uji coba pertama sebesar 82,36% siswa menyatakan media tersebut praktis, (ii) respon (ii) respon guru terhadap media pembelajaran pada uji coba pertama mencapai 91,67% termasuk kedalam kategori sangat praktis. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan postest dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,7 dimana dalam kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Pra p |
Keywords: | Media pembelajaran; Model pengembangan 4-D; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 08:31 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24215 |