Anshari, Hidayat (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP TAMAN HARAPAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171037 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 8146171037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM. 8146171037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8146171037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 8146171037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8146171037 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 8146171037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8146171037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
12. NIM. 8146171037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 8146171037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (2) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa (3) Bagaimanakah proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Taman Harapan. Penelitian terdiri dari dua kelas berjumlah 50 orang siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan komunikasi matematik, (2) angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis covarians. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pendekatan realistik pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif dan dapat juga meningkatkan self-efficacy siswa sehingga berani berargumentasi, lebih percaya diri dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Ans p |
Keywords: | Pendekatan realistik; Kemampuan komunikasi matematik; Self-efficacy siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 07:48 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24207 |