Naipospos, Juniati (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI LISTRIK DAN PEMANFATANNYA PADA SD KELAS VI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182026 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 3123122060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 8156182026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM. 8156182026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM. 8156182026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM. 8156182026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 8156182026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8156182026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8156182026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM. 8156182026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 8156182026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk LKS berbasis Guided Inquiry yang dikembangkan, valid dan layak, efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta respon siswa terhadap LKS dan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri No. 106154 Kota Rantang kelas VI. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Guided Inquiry. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli Bahasa, tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi, desain dan bahasa menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan tanpa revisi dan sangat valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 80,60 %, dari 22 siswa yang mengikuti tes; (ii) respon siswa sangat positif; dan (iii) presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis Guided Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.358 Nai p |
Keywords: | Lembar kerja siswa; Guided inquiry; Model pengembangan dick and carey; Hasil belajar energi listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 04:49 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24204 |