Putri, Risya Ayu Oktiva (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PADA MATERI KERAJINAN FUNGSI HIAS SISWA KELAS IX SMP NEGERI STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121142007 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 5121142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. NIM. 5121142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 5121142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 5121142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 5121142007 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 5121142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5121142007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 5121142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
10. NIM. 5121142007 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 5121142007 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
12. NIM. 5121142007 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
13. NIM. 5121142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 5121142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
15. NIM. 5121142007 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMPN 5 Stabat pada materi kerajinan fungsi hias yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMPN 5 Stabat pada materi kerajinan fungsi hias yang menggunakan model pembelajaran bantuan tutor sebaya. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran bantuan tutor sebaya terhadap kemampuan pada materi kerajinan fungsi hias siswa kelas IX SMPN 5 Stabat. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Stabat. Waktu penelitian dimulai 25 Februari 2017. Penentuan kelas dilakukan secara random sampling sehingga sampel terdiri dari 10 kelas berjumlah 315 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengamatan dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan chi-kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan kemampuan belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada materi Kerajinan Fungsi Hias termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 62,50 persen dan tingkat kecenderungan siswa yang menggunakan Model Konvensional pada mata pelajaran Prakarya materi Kerajinan Fungsi Hias termasuk kategori Kurang dengan persentase sebesar 75,00 persen. Hasil analisis uji normalitas untuk kemampuan belajar kerajinan fungsi hias siswa yang menggunakan Model Tutor Sebaya dengan nilai X2hitung < X2tabel 8,17 < 11,070 ) dan hasil analisis uji normalitas untuk kemampuan belajar kerajinan fungsi hias siswa yang menggunakan Model konvensional dengan nilai X2hitung < X2tabel (9,34 < 11,070 ) pada taraf signifikan (5%) adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Model Tutor Sebaya terhadap kemampuan belajar Kerajinan Fungsi Hias dengan nilai thitung>ttabel ( 97,04 > 1,669 ) dengan taraf signifikan 5%. Artinya, Model Tutor Sebaya dapat mempengaruhi kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya pada materi Kerajinan Fungsi Hias
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 018 |
Keywords: | Model pembelajaran bantuan tutor sebaya; Kemampuan pada materi kerajinan fungsi hias |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 08:41 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24171 |