Panjaitan, Orange Mazmur (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123311067 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM. 6123311067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM. 6123311067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 6123311067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 6123311067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 6123311067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 6123311067 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM. 6123311067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 6123311067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM. 6123311067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 6123311067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lompat jauh gaya menggantung melalui gaya mengajar resiprokal pada
kelas X SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi pelaksanaan
penelitian ini dilaksanakan di Balige. Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada lompat jauh gaya
menggantung, lalu setelah itu dilakukan pembelajaran melalui gaya
mengajar resiprokal yang dilakukan Tes Hasil Belajar siklus I dan Tes Hasil
Belajar siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lompat jauh. Adapun
masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa yaitu : memperlambat
kecepatan berlari pada saat menolak, pada saat melayang di udara gerakan
menggantungnya sulit dilakukan, pada saat mendarat kaki tidak bersamaan
mendarat.
Setelah data terkumpul akan dilakukan pembelajaran melalui gaya
mengajar resiprokal. (1) dari tes hasil belajar melalui gaya mengajar
resiprokal di siklus I diperoleh 17 siswa (56,67%) yang telah mencapai
tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (43,33%) belum mencapai
tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 69,37. (2) dari tes hasil
belajar melalui gaya mengajar resiprokal disiklus II diperoleh 26 siswa
(86,67%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%)
belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa adalah
73,61.
Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa dalam menggunakan
gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh
gaya menggantung pada kelas X SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 046 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Resiprokal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 02:18 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24139 |