Firdaus, Heri (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR LATIHAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GALANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111039 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 6123111039 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
3. NIM. 6123111039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 6123111039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM. 6123111039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 6123111039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 6123111039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM. 6123111039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6123111039 BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
14. NIM. 6123111039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
13. NIM. 6123111039 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari
sprint melalui gaya mengajar latihan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Galang
T.A 2016/2017. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII-5 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa terdiri dari 15 putra dan
19 putri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian
proses lari sprint.
Berdasarkan data yang terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh
hasil analisisnya: (1) dari tes hasil belajar data awal dapat diperoleh sebanyak 10
orang siswa (29,41%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan
selebihnya yaitu 24 orang siswa (70.59%) belum memiliki ketuntasan belajar.
Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 68,82. (2) dari tes hasil belajar
siklus I diperoleh sebanyak 14 orang siswa (41,18%) telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar sedangkan 20 orang siswa (58,82%) belum mencapai tingkat
ketuntasan belajar. Dengan persentase nilai rata-rata 71,27. Namun belum
memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (3) dari
tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa (88,23%) yang
telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (11,77%) masih belum
tuntas. Dengan persentase nilai rata-rata 82,31. Peningkatan persentase nilai ratarata
hasil belajar siswa dari tes siklus I dan siklus II sebesar 11,04. Maka kriteria
ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85% telah tercapai. Berdasarkan
hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar latihan dapat
memberikan arti yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar lari sprint
pada siswa kelas VII-5 SMP Negeri 1 Galang Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 045 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Atletik, Lari Sprint |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 01:56 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24134 |