Sitorus, Edward (2017) PENERAPAN JAM SESSION DALAM PEMBELAJARAN GITAR PILIHAN 4 DI PRODI PENDIDIKAN MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123140015 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 2123140015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM. 2123140015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
4. NIM. 2123140015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM. 2123140015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
6. NIM. 2123140015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM. 2123140015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
11. NIM. 2123140015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
12. NIM. 2123140015 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran gitar dengan menerapkan
Jam Session, fungsi penerapan Jam Session, serta tanggapan mahasiswa dan
dosen mengenai penerapan Jam Session dalam pembelajaran gitar Pilihan 4 di
prodi pendidikan musik Unimed.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan pengertian
penerapan, pengertian Jam Session, teori pembelajaran, dan pengertian gitar
Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Musik Unimed yang beralamat di
Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan pada Bulan Februari – Maret 2017.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah ,mahasiswa dan dosen prodi pendidikan
musik dengan jumlah 14 mahasiswa dan 1 dosen, sedangkan sampel 4 mahasiswa
dan 1 dosen. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Pembelajaran gitar Pilihan 4 dengan menerapkan jam session di Prodi
Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas negeri Medan ialah
pertama sekali dosen mengharuskan mahasiswa gitar Pilihan 4 melakukan
pemanasan (warming up) terlebih dahulu sebelum bermain gitar dengan
memainkan tangga nada kromatik selama 10 menit. Dimana tujuannya agar
jari-jari tidak kaku pada saat bermain gitar. Kemudian dosen memberikan
materi tangga nada kepada mahasiswa gitar dengan menuliskan materi di
papan tulis dan memberikan contoh kepada mahasiswa cara memainkankan
tangga nada dan membuat beberapa lick gitar dari materi tersebut dan
mempersilahkan mahasiswa untuk berlatih sendiri. Kemudian dosen
mengumpulkan beberapa mahasiswa gitar, dan memainkan beberapa rythm
gitar dengan progres akord yang di tentukan dan memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk berimprovisasi dengan satu persatu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MUS 006 |
Keywords: | Jam Session, Gitar Pilihan.Musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 01:39 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24068 |