MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MEANS ENDS ANALISYS PADA SISW

Siburian,, Nurainun (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MEANS ENDS ANALISYS PADA SISW. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1132111012_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1132111012_COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1132111012_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1132111012_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1132111012_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1132111012_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1132111012_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1132111012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1132111012_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1132111012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1132111012_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1132111012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1132111012_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1132111012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1132111012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1132111012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1132111012_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1132111012_BAB I.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1132111012_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1132111012_BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1132111012_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1132111012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada
materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber daya alam dengan menggunakan
model Means Ends Analisys di kelas IV SDN 101799 Delitua.
Penelitian ini menggunakan desain PTK( Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan
pembelajaran model Means Ends Analisys, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Negeri 101799 Delitua yang berjumlah 24 orang. Data dikumpulkan
dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni
siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Soal yang diberikan berbentuk pilihan berganda dan
diberikan 3 kali yaitu, tes awal, siklus I, siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas
guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan
belajarnya adalah 65. Apabila nilai siswa kurang dari 65, makas siswa dikatakan belum
tuntas.
Pada saat dilaksanakan pre test diketahui bahwa dari 24 orang siswa sebanyak 3 siswa
(12,5%) yang tuntas, dan sebanyak 21 siswa (87,5%) tidak tuntas degan rata-rata 49,37.
Karena persentase ketuntasan masih tergolong rendah maka dilakukan perbaikan dan
dilanjut pada siklus I, dapat diketahui bahwa dari 24 siswa sebanyak 10 siswa (41,67%)
yang tuntas dan 14 siswa (58,33%) yang tidak tuntas dengan rat-rata 64,17. Jika
dibandingkan dengan tes awal sebelum dilaksanakan tindakan telah terjadi peningkatan
hasil belajar siswa namun belum sesuai denegan yang diharapkan. Maka dilanjut pada
sikus II, dapat diketahui dari 24 siswa sebanyak 23 siswa ( 95,83%) yang tuntas dan 1
orang siswa (4,17%) tidak tuntas dengan rata-rata 80,83. Setelah dilakukan pembelajaran
dan siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS sesuai
dengan yang diharapkan maka tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya.
Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menanyakan “dengan menggunakan model
Means Ends Analisys dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok sumber daya
alam dan kegiatan ekonomi di kelas IV SD Negeri 101799 Delitua”. Dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 063
Keywords: Hasil Belajar, hakekat pembelajaran, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Apr 2017 04:29
Last Modified: 13 Apr 2017 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23972

Actions (login required)

View Item
View Item