PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR POLA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT

Naibaho, Emma Natalia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR POLA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.5123141006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.5123141006 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123141006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123141006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123141006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 5123141006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 5123141006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 5123141006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 5123141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 5123141006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 5123141006 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 5123141006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 5123141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 5123141006 CHART.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 5123141006 CHART.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123141006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123141006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM.5123141006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM.5123141006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.5123141006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM.5123141006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM.5123141006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM.5123141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar dasar pola menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan media hand out pada siswa kelas X TB2 di SMK Negeri 1 Stabat. (2) Mengetahui hasil belajar dasar pola menggunakan pembelajaran konvensional berbantuan media hand out pada siswa kelas X TB1 di SMK Negeri 1 Stabat. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran langsung berbantuan media hand out terhadap hasil belajar dasar pola pada siswa kelas X TB2 di SMK Negeri 1 Stabat.
Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Stabat. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana yang berjumlah 70 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari dua variabel, yaitu hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan Media Hand out (X1), dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan Media hand out (X2).
Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan Media hand out diperoleh hasil belajar siswa cenderung tinggi sebesar 77 % sedangkan pada kelas kontrol dengan menerapan model pembelajaran konvensional berbantuan media hand out diperoleh hasil belajar siswa cenderung kurang sebesar 94%. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen normal karena 0,04 < 0,157 dan kelas kontrol berdistribusi normal karena 0,06 < 0,157. Kedua varians data adalah homogen karena 0,1 < 1,74. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (20,05 > 1,66), yang artinya bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tinggi pada hasil belajar pembuatan pola dasar badan atas dengan teknik draping dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan media hand out pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BUS 015
Keywords: Direct instruction; Media hand out; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:32
Last Modified: 13 Apr 2017 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23969

Actions (login required)

View Item
View Item