MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Simare-Mare, Gitafor Marokana (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1133311011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1133311011 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1133311011 APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1133311011 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1133311011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1133311011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1133311011 ACKNOWLEDMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1133311011 ACKNOWLEDMENT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1133311011 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1133311011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1133311011 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1133311011 TABLE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1133311011 LIST OF DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1133311011 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1133311011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1133311011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1133311011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1133311011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1133311011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1133311011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1133311011 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1133311011 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk suatu benda di kelas IV SDN 101776 Sampali dengan menggunakan Pendekatan Saintifik T.A 2016/2017.
Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Variabel dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IVA dan selanjutnya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan menggunakan Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran IPA dengan materi Gaya dapat mengubah gerak dan atau suatu benda pada siswa kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 101776 Sampali yang berjumlah 25 orang, 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah aktivitas belajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti melaksanakan observasi di kelas IVA. Nilai rata-rata kelas kondisi awal adalah 58,71 dengan jumlah siswa teraktivitas 8 orang atau 32% dari 25 orang siswa. Setelah dilaksanakan siklus I pertemuan 1 dengan menerapkan Pendekatan Saintifik, nilai rata-rata kelas menjadi 65,9 dengan jumlah siswa teraktivitas 10 orang siswa atau 40% dari 25 orang siswa. Pada siklus I pertemuan 2, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,28 dengan jumlah siswa teraktivitas 15 orang siswa atau 60% . Pada siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,56 dengan jumlah siswa teraktivitas 18 orang siswa atau 72%. Pada siklus II pertemuan 2, nilai rata-rata kelas sangat meningkat menjadi 82,42 dengan jumlah siswa teraktivitas 23 orang siswa atau 92% siswa yang teraktivitas. Hasil angket aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 44% dengan jumlah 11 orang siswa dilihat dari kriteria sangat baik dan baik. Pada siklus II meningkat menjadi 84% dengan jumlah siswa 21 orang siswa yang teraktivitas. Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai 72%. Pada siklus I pertemuan 2 aktivitas guru meningkat menjadi 80%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai 84% dan meningkat menjadi 92% pada siklus II pertemuan 2 dan tergolong sangat sesuai dengan RPP. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 101776 Sampali T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 016
Keywords: Aktivitas belajar; Pendekatan saintifik; Materi pembelajaran; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Apr 2017 08:23
Last Modified: 11 Apr 2017 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23932

Actions (login required)

View Item
View Item