Atmaja, Gaung (2017) INOVASI PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS X SEMESTER I BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156141019 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 8156141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
3. NIM 8156141019 ABSTRACT DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 8156141019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 8156141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM 8156141019 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 8156141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM 8156141019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM 8156141019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM 8156141019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 8156141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan inovasi penuntun praktikum kimia SMA kelas X semester I, penilaian penuntun praktikum berdasarkan tanggapan ahli serta peningkatan hasil belajar siswa melalui uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Penuntun praktikum disusun mengikuti langkah model pembelajaran berbasis guided inquiry yang pada prakteknya siswa merancang sendiri percobaan yang akan dilakukan. Selain itu dalam uji coba terbatas penuntun praktikum ini dilakukan pengamatan terhadap sikap dan keterampilan siswa. Lokasi penelitian di SMA Sultan Iskandar Muda dan SMA Negeri 4 Medan dan subjek uji coba terdiri dari delapan belas siswa. Teknik pengumpul data menggunakan lembar validasi penuntun praktikum, angket, lembar observasi dan instrument tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penuntun praktikum yang telah di inovasi layak menjadi buku pegangan guru dalam pembelajaran kimia, (2) hasil belajar berdasarkan tes kemampuan kognitif siswa MIA 1, MIA 3, MIA 7 dan MIA 10 sebesar 0,7; 0,6; 0,8 dan 0,7 dengan kriteria sedang (3) hasil belajar berdasarkan penilaian sikap siswa MIA 1, MIA 3, MIA 7 dan MIA 10 sebesar 87,5; 87,5; 87,5 dan 93,7, (4), untuk penilaian keterampilan siswa MIA 1, MIA 3, MIA 7 dan MIA 10 sebesar 77,2; 72,7; 79,5 dan 77,2 dengan kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Atm i |
Keywords: | Inovasi penuntun praktikum; Kimia SMA semester I; Berbasis guided inquiry |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 03:40 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23853 |