Panggabean, Pesta Carolina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MIND MAP DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA KELAS X. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146175026 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 8146175026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
3. NIM 8146175026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM 8146175026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 8146175026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 8146175026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 8146175026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM 8146175026 DAFTAR LAMPIRAN 2.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9. NIM 8146175026 BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM 8146175026 BAB-V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 8146175026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model Inquiry Training berbantuan Mind Map lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui hasil keterampilan proses sains siswa yang berpikir kritis diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang berpikir kritis dibawah rata-rata dan 3) untuk mengetahui interaksi antara model Inquiry Training dan pembelajaran konvensional dengan Kemampuan berpikir kritis dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest design dan desain anava. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling dan sampel dibagi menjadi dua kelas dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dan berpikir kritis yang berbentuk uraian serta lembar observasi keterampilan proses sains. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Mind Map lebih baik dari keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran konvensional, Keterampilan proses sains siswa yang berpikir kritis diatas rata-rata lebih baik daripada keterampilan proses sains siswa yang berpikir kritis dibawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training berbantuan Mind Map dan berpikir kritis dalam meningkatkan keterampilan proses sains fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Pan p |
Keywords: | Model pembelajaran; Inquiry training; Mind map; Berpikir kritis; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 10:00 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 10:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23836 |