Berutu, Awal Priska (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM _4122131003_ COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02 NIM _4122131003_ LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
03 NIM _4122131003_ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
04 NIM _4122131003_ KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
05 NIM _4122131003_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
06 NIM _4122131003_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
07 NIM _4122131003_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
08 NIM _4122131003_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
09 NIM _4122131003_ BAB I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
13 NIM _4122131003_ BAB V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14 NIM _4122131003_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar
siswa dengan model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis Lesson Study
dengan media Powerpoint lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar siswa dengan
model Konvensional pada materi Ikatan Kimia dan untuk mengetahui aspek kognitif
manakah yang paling berkembang melalui pembelajaran model pembelajaran Problem
Basead Learning berbasis Lesson Study dengan media Powerpoint. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Amir Hamah Medan yang terdiri
dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif,
1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini
adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan
ganda berjumlah 20 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,823. Kelas eksperimen
diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis
Lesson Study dengan menggunakan media Powerpoint dan kelas kontrol diberikan
perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai
rata-rata pretest kelas eksperimen 31,11 dan nilai rata-rata posttest 85,28 sedangkan nilai
rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,22 dan nilai rata-rata posttest adalah 76,25. Gain
ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia
kelas kontrol, yaitu 79% dan 65%. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih
dahulu dilakukan uji prasyarat data yaitu menggunakan uji normalitas data menggunakan
uji chi kuadrat diperoleh pada Gain kelas eksperimen χ2
hitung<χ2
tabel yakni 8,68 <11,07 dan
Gain kelas kontrol χ2
hitung<χ2
tabel yakni 9,35 <11,07 maka kedua data Gain eksperimen dan
kontrol berdistribusi normal serta uji homogenitas data diperoleh Fhitung<Ftabel yakni 1,33
<1,76 maka kedua sampel homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf
signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni 7,107 > 1,669 maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Powerpoint lebih
tinggi dibandingkan dengan model Konvensional dan aspek kognitif yang paling
berkembang melalui pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study
dengan menggunakan media Powerpoint adalah C2 (pemahaman) 81%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 KIM 018 |
Keywords: | Problem Based Learning berbasis Lesson Study menggunakan media Powerpoint, Ikatan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 04:12 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23684 |