EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

Berutu, Awal Priska (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM _4122131003_ COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM _4122131003_ COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM _4122131003_ LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02 NIM _4122131003_ LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM _4122131003_ ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM _4122131003_ ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM _4122131003_ KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04 NIM _4122131003_ KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM _4122131003_ DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 NIM _4122131003_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM _4122131003_ DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
06 NIM _4122131003_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM _4122131003_ DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
07 NIM _4122131003_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM _4122131003_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 NIM _4122131003_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM _4122131003_ BAB I.pdf]
Preview
Text
09 NIM _4122131003_ BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM _4122131003_ BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM _4122131003_ BAB V.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM _4122131003_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM _4122131003_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar
siswa dengan model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis Lesson Study
dengan media Powerpoint lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar siswa dengan
model Konvensional pada materi Ikatan Kimia dan untuk mengetahui aspek kognitif
manakah yang paling berkembang melalui pembelajaran model pembelajaran Problem
Basead Learning berbasis Lesson Study dengan media Powerpoint. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Amir Hamah Medan yang terdiri
dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif,
1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini
adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan
ganda berjumlah 20 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,823. Kelas eksperimen
diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis
Lesson Study dengan menggunakan media Powerpoint dan kelas kontrol diberikan
perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai
rata-rata pretest kelas eksperimen 31,11 dan nilai rata-rata posttest 85,28 sedangkan nilai
rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,22 dan nilai rata-rata posttest adalah 76,25. Gain
ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia
kelas kontrol, yaitu 79% dan 65%. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih
dahulu dilakukan uji prasyarat data yaitu menggunakan uji normalitas data menggunakan
uji chi kuadrat diperoleh pada Gain kelas eksperimen χ2
hitung<χ2
tabel yakni 8,68 <11,07 dan
Gain kelas kontrol χ2
hitung<χ2
tabel yakni 9,35 <11,07 maka kedua data Gain eksperimen dan
kontrol berdistribusi normal serta uji homogenitas data diperoleh Fhitung<Ftabel yakni 1,33
<1,76 maka kedua sampel homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf
signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni 7,107 > 1,669 maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Powerpoint lebih
tinggi dibandingkan dengan model Konvensional dan aspek kognitif yang paling
berkembang melalui pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study
dengan menggunakan media Powerpoint adalah C2 (pemahaman) 81%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2017 KIM 018
Keywords: Problem Based Learning berbasis Lesson Study menggunakan media Powerpoint, Ikatan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Mar 2017 04:12
Last Modified: 13 Mar 2017 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23684

Actions (login required)

View Item
View Item