Siregar, Sholiha Pratiwi (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP SISWA SMP SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
3. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
4. PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. TABLE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
8. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
13. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori, (3) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan penalaran matematis siswa, (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa, (5) proses jawaban siswa pada tes kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pendekatan matematika realistik dan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Swasta Esa Prakarsa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan matematika realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) test kemampuan penalaran matematis, (2) angket kemandirian. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi isi. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) kemampuan penalaran matematis siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran ekspositori. (2) kemandirian belajar siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik lebih baik daripada peningkatan kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran ekspositori. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. (5) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir p |
Keywords: | Pendekatan; Realistik; Kemampuan; Penalaran; Matematis; Kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 08:22 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23665 |