EFEK MODEL INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA KELAS X SMA UNGGULAN CT FOUNDATION

Prayogi, Ricky (2017) EFEK MODEL INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA KELAS X SMA UNGGULAN CT FOUNDATION. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136176031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136176031 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136176031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136176031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136176031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136176031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136176031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136176031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136176031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136176031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136176031 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136176031 TABLE.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136176031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136176031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136176031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136176031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136176031 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136176031 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136176031 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136176031 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136176031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136176031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model inkuiri dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 2) menganalisis keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, 3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest design dan desain anava. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Unggulan CT Foundation Tahun Pelajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk essay. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri dengan berpikir kreatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 2 Pra e
Keywords: Inkuiri; Kemampuan berpikir kreatif; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:18
Last Modified: 09 Mar 2017 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23663

Actions (login required)

View Item
View Item