Prayogi, Ricky (2017) EFEK MODEL INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA KELAS X SMA UNGGULAN CT FOUNDATION. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176031 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 8136176031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
3. NIM. 8136176031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 8136176031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 8136176031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM. 8136176031 TABLE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7. NIM. 8136176031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8. NIM. 8136176031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM. 8136176031 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM. 8136176031 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM. 8136176031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model inkuiri dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 2) menganalisis keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, 3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest design dan desain anava. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Unggulan CT Foundation Tahun Pelajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk essay. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri dengan berpikir kreatif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Pra e |
Keywords: | Inkuiri; Kemampuan berpikir kreatif; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 08:18 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23663 |