Situmorang,, Elena (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK COOPERATIVE INTEGRED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
cover.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari dua metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Membaca Wacana.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2009/2010, yang berjumlah 40 orang. jumlah populasi dari 100 orang, maka sample penelitian yang diambil sebanyak 40 orang atau seluruh jumlah populasi.
Pengolahan data diperoleh adalah variabel X dengan rata-rata = 78,5 standar deviasi = 11,78 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 17 orang atau 42,5% kategori baik seanya 16 orang atau 40%, kategori cukup banyak 7 orang ata 17,5%. Hasil variabel Y dengan rata-rata = 71,87 standar deviasi = 10,76 dan yang termasuk kategori yang sangat baik sebanyak 5 orang atau 12,5%, kategori baik sebanyak 25 orang atau 62,5%, kategori cukup sebanyak 5 orang atau 12,5%. uji data hasil variabel X dan variabel Y didapat kedua hasil terdistribusi normal. uji homogenitas didapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas didapat to sebesar 3,48, selanjutnya to dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf 5% maupun 1% dengan df (N1 + N2) – 2 = (40 + 4) – 2 = 78. Pada tabel t dengan dk = 78 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.00 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Karena to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2 < 3,48 > 2,65, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran naskah pidato dengan metode kooperatif tipe (CIRC) lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan Diskusi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2009/2010
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2010 IND |
Keywords: | Pembelajaran Tradisional, Membaca, CIRC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 04:48 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23603 |