Jaya, Christian Arief (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA SISWA SMP KELAS VIII. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146121003 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM 8146121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM 8136121003 ABSTRACTS.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM 8146121003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM 8146121003 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 8146121003 LIST OF TABELS.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7. NIM 8146121003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8146121003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 8146121003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM 8146121003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM 8146121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan hasil belajar IPS Terpadu yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi (modified free inquiry); (2) mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; dan (3) mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran inkuiri dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Swasta Jambi Medan Kecamatan Bantan Kabupaten Medan Tembung yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik clauster random sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 34 anak. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPS Terpadu dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah Anava Faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi (modified free inquiry) dengan Fhitung > Ftabel (4,15 > 3,9); (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan Fhitung > Ftabel (171,07 > 3,9); (3) ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan Fhitung > Ftabel (4,04 > 3,9). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP kelas VIII. Selain itu, sebagai seorang guru perlu mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai kemampuan berpikir kritis siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Jay p |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Berpikir kritis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 03:30 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23575 |