Gultom, Shinta Sonia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS KOLABORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146175034 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM 8146175034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM 8146175034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 8146175034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 8146175034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 8146175034 TABLES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM 8146175034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 8146175034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
9. NIM 8146175034 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM 8146175034 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14. NIM 8146175034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training berbasis Kolaboratif akan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung, dan keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memliki sikap ilmiah diatas rata-rata akan lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah siswa di bawah rata-rata, kemudian ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training berbasis Kolaboratif dan model pembelajaran langsung dengan sikap ilmiah siswa terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Methodist Berastagi dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dan pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu kelas IX-2 sebagai kelas kontrol dan kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen keterampilan untuk keterampilan proses sains dan tes kuesioner untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Dari penelitian yang dilakukan didapatlah hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA 2 jalur yaitu keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training berbasis Kolaboratif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran langsung, dan keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan sikap ilmiah siswa di bawah rata-rata, kemudian ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training berbasis Kolaboratif dan model pembelajaran langsung dengan sikap ilmiah siswa terhadap keterampilan proses sains siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Gul p |
Keywords: | Model pembelajaran inquiry training berbasis kolaboratif; Sikap ilmiah; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 03:09 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23569 |