PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 8 MEDAN

Siahaan, Ida Mutiara (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123142015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123142015 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123142015 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123142015 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123142015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123142015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123142015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123142015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123142015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123142015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123142015 TABLES.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123142015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123142015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123142015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123142015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123142015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123142015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123142015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123142015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran boga dasar kompetensi bumbu dasar dan turunannya pada masakan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Boga SMK Negeri 8 Medan Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas sehingga berjumlah 64 orang siswa. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara teknik simple random sampling dengan mengambil sebanyak 2 kelas yang terpilih dari dari 7 kelas X Boga5 sebagai kelas eksperimen dan X Boga1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 37 soal yang telah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Data hasil belajar dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai posttest dari kelas eksperimen 85,84 dengan kategori cenderung baik sebesar 43,75% dan kelas kontrol sebesar 68,75 dengan kategori cenderung kurang sebesar 62,5%. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% maka nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga t_(hitung )>〖 t〗_(tabel )(7,733>1,697) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar Siswa Kelas X Tata Boga SMK Negeri 8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BOGA 011
Keywords: Model pembelajaran contextual teaching; Learning (CTL); Hasil belajar boga dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:07
Last Modified: 02 Mar 2017 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23481

Actions (login required)

View Item
View Item