Siahaan, Ida Mutiara (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123142015 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 5123142015 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
3. NIM. 5123142015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
4. NIM. 5123142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 5123142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM. 5123142015 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 5123142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM. 5123142015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. NIM. 5123142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM. 5123142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 5123142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran boga dasar kompetensi bumbu dasar dan turunannya pada masakan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Boga SMK Negeri 8 Medan Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas sehingga berjumlah 64 orang siswa. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara teknik simple random sampling dengan mengambil sebanyak 2 kelas yang terpilih dari dari 7 kelas X Boga5 sebagai kelas eksperimen dan X Boga1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 37 soal yang telah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Data hasil belajar dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai posttest dari kelas eksperimen 85,84 dengan kategori cenderung baik sebesar 43,75% dan kelas kontrol sebesar 68,75 dengan kategori cenderung kurang sebesar 62,5%. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% maka nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga t_(hitung )>〖 t〗_(tabel )(7,733>1,697) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar Siswa Kelas X Tata Boga SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 011 |
Keywords: | Model pembelajaran contextual teaching; Learning (CTL); Hasil belajar boga dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 04:07 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23481 |