Mutia, Aliya Rizki (2017) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN HIASAN DINDING PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KELAS VIII SMP HANGTUAH-1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5111143008 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 5111143008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM 5111143008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM 5111143008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 5111143008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM 5111143008 TABLES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. NIM 5111143008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5111143008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. NIM 5111143008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13. NIM 5111143008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 5111143008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan: 1) Tingkat kecenderungan Minat belajar siswa 2) Tingkat kecenderungan motivasi belajar siswa 3) Tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan hiasan dinding 4) hubungan minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pembuatan hiasan dinding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Hangtuah-1 Medan.Tehnik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Proposional random sampling yaitu pengambilannya dilakukan dengan undian pada masing – masing kelas populasi, sehingga sampel penelitian sebanyak 30 orang.Untuk variabel minat belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) datanya dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan variabel hasil belajar pembuatan hiasan dinding (Y) dijaring dengan menggunakan lembar pengamatan.Analisis data menggunakan menggunakan deskriptif, uji kecenderungan persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dengan korelasi product moment. Dari hasil penelitian minat belajar tingkat kecenderungan sangat baik yaitu 43%, motivasi belajar tingkat kecenderungan cukup baik yaitu 53%, dan tingkat kecenderungan hasil belajar baik yaitu 53%. Dengan titik r pada taraf signifikan α = 0,05 dengan jumlah responden 30 orang diperoleh rtabel 0,349 dengan demikian harga rhitung> rtabel (0,391 > 0,349) sehingga koefisien korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar pembuatan hiasan dinding signifikan. α = 0,05dengan jumlah responden 30 orang diperoleh rtabel = 0,349 dengan demikian harga rhitung>rtabel (0,423 > 0,349) sehingga koefisien korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar pembuatan hiasan dinding signifikan. Berdasarkan analisa data, dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ganda Ў = 205,909 + 0,297X1 + 0,124X2pada taraf signifikan 5% adalah berarti, dengan dk pembilang =2 dan dk penyebut = n-k-1 = 30-2-1 = 27, pada α = 0,05 diperoleh ftabel = 0,367 terlihat bahwa Fhitung> Ftabel (6,99 > 0,367) sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi ganda taraf signifikan 5% berarti. Dan hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar pembuatan hiasan dinding pada siswa kelas VIII SMP Hangtuah-1 Medan sebagai berikut : Hasil pengujian hipotesis dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 2,729 > 0,349 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis tersebut diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BUS 010 |
Keywords: | Minat; Motivasi belajar; Hasil belajar; Hiasan dinding |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 03:41 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23478 |