Laia, Herdi Gunawan (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PEMBELAJARAN KONVESIONAL PADA MATERI ALAT UKUR DI KELAS X SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123321014 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5123321014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM 5123321014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM 5123321014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 5123321014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 5123321014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 5123321014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM 5123321014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM 5123321014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
13. NIM 5123321014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM 5123321014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menggunakan alat ukur siswa kelas X SMK Negeri 1 Perbaungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pembelajaran Konvesional Pada Materi Alat Ukur Di Kelas X SMK Negeri 1 Perbaungan Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Perbaungan, yang beralamat di Jalan Medan Tebing Tinggi Km 42 Kel,Tualang Perbaungan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X MP 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas X MP 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvesional. Tenik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar menggunakan alat ukur siswa berupa objektif berjumlah 20 soal dengan 5. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan nilai rata – rata, varians, menghitung uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t_hitung > 〖 t〗_tabel pada α = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian data posttest kelas eksperimen diperoleh rata – rata nilai postest sebesar 81,33 dan standar deviasi 10,66 sedangkan nilai rata – rata postest kelas konvensioanal sebesar 73,50 dengan standar deviasi 9,30. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Larning terhadap hasil belajar menggunakan alat ukur siswa dalam dua kelompok belajar dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas konvensioanal. Data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh t_hitung sebesar 4,369 dan t_tabel sebesar 1,673 pada taraf α = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa t_hitung > t_tabel atau 4,369 > 1,673 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pembelajaran Konvesional Pada Materi Alat Ukur Di Kelas X SMK Negeri 1 Perbaungan Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 025 |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Hasil belajar; Alat ukur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 08:48 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23438 |