Windari, Ria (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA KARYA BAKTI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121142016 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 7121142016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
4. NIM 7121142016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3. NIM 7121142016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM 7121142016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7121142016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7121142016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7121142016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM 7121142016 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. NIM 7121142016 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 7121142016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 7121142016 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Karya Bakti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan Metode Drill dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional XII IPS SMA Swasta Karya Bakti Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Karya Bakti yang beralamat di Jl.Binjai-Kuala KM 13 Pasar 1 Padang Cermin Kecamatan Selesei Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperiment = 41,66 dengan standar devisa = 11,33 dan nilai rata-rata postes siswa = 81,83 dengan standar devisa = 11,48 sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 40,33 dengan standar devisa = 10,74 dan nilai rata-rata postest siswa = 68,66 dengan standar devisa = 11,13. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal ( < dan homogen ( < . Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh yang berarti hipotesis yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan Metode Drill lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan dagang pada siswa kelas XII IPS SMA Swasta Karya Bakti Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Metode Drill, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 10:11 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23370 |