Lumbantobing, Kesya Nirma (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOLANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146191012 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 8146191012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM 8146191012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM 8146191012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 8146191012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 8146191012 LIST OF ISTILAH.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 8146191012 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM 8146191012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 8146191012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM 8146191012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 8146191012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM 8146191012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pengembangan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman, (2) kelayakan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman, (3) hasil belajar menulis cerpen berbasis pengalaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kolang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMP Negeri 1 Kolang pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 88,88% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 89,06% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 85,00% pada kriteria sangat baik, aspek kelayakan buku dengan rata-rata 89,06% pada kriteria sangat baik (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 88,75% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba guru dengan rata-rata 86.03% dengan kriteria sangat baik (5) uji coba perorangan dengan rata-rata 79,86% dengan kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 81,25% dengan kriteria sangat baik, dan (6) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 88,57% dengan kriteria sangat baik, (7) hasil belajar rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan ajar 63,69% dan hasil belajar rata-rata siswa setelah menggunakan bahan ajar 74,63% dengan kriteria baik. Dengan demikian, modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 Lum p |
Keywords: | Pengembangan; Modul; Cerpen; Pengalaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 07:27 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23365 |