Hanum, Hafrida (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDASARKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS BUDAYA MANDAILING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SEL EFFICACY SISWA SMP NEGERI 02 PANYABUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171031. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8146171031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM. 8146171031. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 8146171031. PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 8146171031. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 8146171031. TABLE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 8146171031. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. NIM. 8146171031. CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
12. NIM. 8146171031. CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 8146171031. BIBLIOGAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Efektivitas Bahan Ajar berdasarkan pembelajaran kontekstual berbasis budaya Mandailing (PK-BBM) yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Bahan Ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan 3) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMPN 2 Panyabungan dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan; 4) Peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan; dan 5) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan bahan ajar berdasarkan PK-BBM dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan di kelas VII/3 dan VII/4 SMPN 2 Panyabungan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen bahan ajar dan kegiatan pembelajaran positif; 2) Bahan Ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi komponen bahan ajar yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan komponen bahan ajar telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan komponen bahan ajar telah dapat dikatakan baik; 3) Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan; 4) Terdapat peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan; dan 5) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Han p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Model 4-D; PK-BBM; Penalaran matematis; Self efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 02:55 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23338 |