Harahap, Syahrizal (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOKSUHUDAN KALORDIKELASXSEMESTERII SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015 /2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM (4123321051) COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM ( 4123321051) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM (4123321051) CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM (4123321051) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM (4123321051) PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM (4123321051) TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM (4123321051) LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM (4123321051) LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM (4123321051) APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
10. NIM ( 4123321051) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM (4123321051) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15. NIM 4123321051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem
Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar siswa pada materi pokok suhu dan
kalor di kelas X semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Postest.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester
II di SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016 yang berjumlah 10 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 31 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dari analisa data diperoleh rata-rata pretes hasil belajar siswa kelas
eksperimen 24,58 pada kelas kontrol sebesar 22,58. Kedua kelas berdistribusi
normal karena Lhitung<Ltabel (0,1466<0,1591) dan homogen karena Fhitung< Ftabel
(1,04<1,84). Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh hit t = 1,57. Pada taraf
nyata α= 0,05 diperoleh tabel t =2,00 ( hitung t < tabel t ) yang berarti Ho diterima,
sehingga dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama
dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol.
Untuk postest diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 73,13 dan
pada kelas kontrol sebesar 68,87. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal
dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung t = 2,84. Pada taraf nyata α=
0,05 diperoleh ttabel = 2,66 ( hitung t > ttabel ) yang berarti Ha diterima,
Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh hasil belajar
siswa dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol hasil belajar siswa dalam
kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t)
diperoleh ada perbedaan yang signifikan dari penerapan model problem based
learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X
semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 044 |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 02:58 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23231 |