Siagian, David Siregar (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SMP NEGERI 2 MEDANG DERAS KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146122009 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 8146122009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. NIM 8146122009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM 8146122009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM 8146122009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
6. NIM 8146122009 TABLES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. NIM 8146122009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8. NIM 8146122009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 8146122009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. NIM 8146122009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM 8146122009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medang Deras Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara ajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medang Deras Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara Tahun ajaran 2016-2017, yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 183 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara acak (cluster random sampling). Hasil pengundian dilakukan kemudian terpilih 2 (dua) kelas sebagai sampel yaitu Kelas VIII6 (32 siswa) yang diterapkan Strategi Pembelajaran Genius Learning dan VIII1 (31 siswa) yang diterapkan dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan tes untuk hasil belajar PKn dan angket Gaya Belajar. Analisis data dilakukan dengan anava dua jalur pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji normalitas dengan uji Liliefors terhadap nilai hasil belajar siswa semua kelompok belajar adalah normal dengan nilai LHitumg > LTabel. Selanjutnya, berdasarkan analisis data dengan uji Schefee terhadap hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) hasil belajar PKn kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Genius Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori dengan nilai Fhitung 6,87 > FTabel 4,00; (2) hasil belajar PKn kelompok siswa yang memiliki Gaya Belajar Konvergen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang memiliki Gaya Belajar Divergen dengan nilai Fhitung = 10,13 > FTabel = 4,00; (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn dengan nilai FHitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari FTabel (FHitung = 10,04 > FTabel = 4,00) pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sia p |
Keywords: | Genius learning; Ekspositori; Gaya belajar; Hasil belajar PKN |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 04:30 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23186 |