Sihite, Martin Edward Fernando (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SATU ATAP PANAI HULU KAB. LABUHAN BATU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123311026 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 4123311026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 4123311026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 4123311026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 4123311026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
6. NIM. 4123311026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 4123311026 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM. 4123311026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 4123311026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
13. NIM. 4123311026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 4123311026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) dikelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Panai Hulu T.A. 2016/2017.
Subjek dalam peneliti ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Satu Atap Panai
Hulu yang berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan komunikasi matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Panai Hulu.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2
siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan,
terlebih dahulu diberikan tes awal dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes
kemampuan komunikasi matematika.
Dari hasil analisis data tes awal diperoleh peningkatan hasil tes akhir
kemampuan komunikasi matematika. Jumlah siswa yang mampu berkomunikasi dari
tes awal adalah 9 dari 40 orang siswa (22,50%.) dengan rata-rata kelas 52,62. Hasil
analisis data tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I setelah
menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Think Pair Share (TPS)
menunjukkan 24 orang siswa (60%) yang mampu berkomunikasi dengan nilai ratarata
70,50. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 35 orang siswa (87,50%)
yang mampu berkomunikasi dengan nilai rata-rata 80,62. Berdasarkan kriteria
ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika siswa pada materi Pangkat Rasional di kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap
Panai Hulu. Saran yang diajukan adalah agar penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TPS ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif
untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK_2017 MAT 024 |
Keywords: | Model Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa, Pangkat Rasional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 02:32 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23167 |