PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISSION (STAD) TERINTEGRASI MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2015/2016

Sinaga, Benny Ferlinto Johannes (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISSION (STAD) TERINTEGRASI MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121121003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121121003 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121121003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121121003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121121003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4121121003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4121121003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121121003 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121121003 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121121003 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121121003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4121121003 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4121121003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4121121003 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4121121003 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4121121003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4121121003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4121121003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4121121003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4121121003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4121121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terintegrasi Media Animasi Flash lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi pokok Listrik Dinamis kelas X SMA Negeri 17 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen lebih rendah dari nilai rata-rata kelas kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terintegrasi Media Animasi Flash dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil postesnya yaitu nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai postes kelas kontrol karena adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terintegrasi Media Animasi Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 17 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 021
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Model pembelajaran konvensional; Media animasi; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:23
Last Modified: 22 Feb 2017 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23139

Actions (login required)

View Item
View Item