Sinaga, Benny Ferlinto Johannes (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISSION (STAD) TERINTEGRASI MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121121003 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 4121121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
3. NIM 4121121003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 4121121003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 4121121003 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM 4121121003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 4121121003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM 4121121003 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 4121121003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
13. NIM 4121121003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM 4121121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terintegrasi Media Animasi Flash lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi pokok Listrik Dinamis kelas X SMA Negeri 17 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen lebih rendah dari nilai rata-rata kelas kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terintegrasi Media Animasi Flash dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil postesnya yaitu nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai postes kelas kontrol karena adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terintegrasi Media Animasi Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 021 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Model pembelajaran konvensional; Media animasi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 04:23 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23139 |