PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT/ DOKUMEN KANTOR SMK SWASTA ERIA MEDAN T.P 2016/2017

Karya, Erma (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT/ DOKUMEN KANTOR SMK SWASTA ERIA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7122141007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7122141007 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7122141007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7122141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7122141007 KNOWLEDGMENT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7122141007 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7122141007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7122141007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7122141007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7122141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7122141007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7122141007 TABLES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7122141007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7122141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7122141007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7122141007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7122141007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7122141007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7122141007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7122141007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7122141007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7122141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
Menangani Surat/Dokumen Kantor melalui penerapan model pembelajaran
Problem Based Learning dengan pemberian Reward lebih tinggi daripada hasil
belajar yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas X AP SMK
Swasta Eria Medan T.P 2016/2017”.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Eria Medan dengan populasi
jumlah seluruh siswa kelas X AP yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 80 orang
siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Total Sampling dimana
sampelnya terdiri dari kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan kelas
kontrol terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengukur hasil belajar menangani surat/dokumen kantor adalah objektif tes
dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 bbutir soal, dimana sebelumnya telah
diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya
pembeda soal, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus
thitung > ttabel taraf signifikan 95% atau α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas
eksperimen yaitu 48,75 dengan SD 11,25 dan varians 126,60. Dan nilai rata-rata
pre-test kelas kontrol yaitu 44,5 dengan SD 12,24 dan varians 149,74. Sedangkan
nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 80,87 dengan SD 8,84 dan varians
78,06. Nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 70,37 dengan SD 8,73 dan
varians 76,14. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka disimpulkan bahwa
data hasil belajar siswa berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel dan homogen
Fhitung < Ftabel. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (5,43 > 1,54)
taraf signifikan 95% atau α = 0,05.
Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar menangani surat/dokumen
kantor yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning
dengan pemberian Reward lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajarkan
dengan metode konvensional pada siswa kelas X AP SMK Swasta Eria Medan
T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ADP 006
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning , Metode Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:50
Last Modified: 21 Feb 2017 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23126

Actions (login required)

View Item
View Item