Payana, Wita Dwi (2016) PENGEMBANGAN MODUL MENULIS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP AL-AZHAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146191026 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8146191026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 8146191026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 8146191026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8146191026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 8146191026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8146191026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8146191026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8146191026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. NIM. 8146191026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 8146191026 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyusunan modul menulis berbasis multiple intelligences, (2) kelayakan modul menulis berbasis multiple intelligences, (3) keefektifan modul menulis berbasis multiple intelligences pada siswa kelas VII SMP Al-Azhar Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMP Al-Azhar Medan pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 92,19% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 100% pada kriteria sangat baik, kelayakan multiple intelligences dengan rata-rata 96,87% pada kriteria sangat baik, kelayakan bahasa dengan rata-rata 91,66% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 84,35% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 85,00% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,94% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 94,99% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan ajar dengan presentasi 76,75% dengan kriteria baik. Dengan demikian, modul menulis berbasis multiple intelligences yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 Pay p |
Keywords: | Modul; Menulis; Multiple intelligences |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 09:42 |
Last Modified: | 20 Feb 2017 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23066 |