Situngkir, Friska Ledina (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146172022 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
02. NIM. 8146172022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
03. NIM. 8146172022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
04. NIM. 8146172022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
05. NIM. 8146172022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
06. NIM. 8146172022 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
07. NIM. 8146172022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
08. NIM. 8146172022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
012. NIM. 8146172022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
013. NIM. 8146172022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Untuk memperoleh perangkat pembelajaran pendekatan berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan perangkat yang dikembangkan dengan pendekatan berbasis masalah. Tahapan penelitian ini mengadaptasi model penelitian pengembangan instruksional model 4D oleh Thiagarajan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Desain uji coba pada penelitian ini menggunakan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas VII-B. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas VII-A. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrument yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. (1) Rata-rata total validitas untuk RPP: 4,08; LAS:4,15; Buku Guru:4,05; Buku Siswa: 4,07; Tes hasil belajar:Valid, hasil validasi ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 4 ≤ Va < 5). (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil; lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,28, respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,06 dan 3,27. Hasil uji keterbacaan ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). (3) Efektifitas dilihat dari uji coba lapangan yaitu: ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru menggunakan perangkat pembelajaran dalam kategori baik (3,50-4,49), dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sit p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendekatan berbasis masalah; Kemampuan penalaran matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 04:52 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23050 |