Yanti (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN GAYA BELAJAR VISUALISATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 SELESAI T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141021 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 4122141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 4122141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM. 4122141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 4122141021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM. 4122141021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 4122141021 TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM. 4122141021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM. 4122141021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 4122141021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 4122141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Match dan gaya belajar Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa materi ruang lingkup biologi kelas X SMA Negeri 1 Selesai T.P. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Selesai T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Metode pengambilan sampel penelitian diambil secara random sampling yakni kelas X IPA2 yang berjumlah 44 siswa yang diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match dan gaya belajar Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK). Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan tingkat ketercapaian indikator siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match dan gaya belajar Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa materi ruang lingkup biologi kelas X SMA Negeri 1 Selesai T.P. 2016/2017 telah tercapai dengan nilai rata-rata sebesar 80,45%. Tingkat penguasaan siswa pada saat pretes didapat nilai rata-rata sebesar 37,35 (kategori sangat rendah) dan pada saat postes didapat nilai rata-rata sebesar 79,24 (kategori sedang). Tingkat ketuntasan belajar siswa didapat nilai rata-rata sebesar 81,82% (36 siswa kategori tuntas dan 8 siswa kategori tidak tuntas).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 009 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif make a match; Visualisation; Auditory; Kinestetic (VAK); Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 03:53 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23033 |