Daulay, Zul Fadli (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BARUMUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123311090 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 6123311090 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
3. NIM 6123311090 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM 6123311090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM 6123311090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM 6123311090 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 6123311090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 6123311090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM 6123311090 BAB I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
13. NIM 6123311090 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM 6123311090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak
peluru gaya menyamping melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat pada
siswa kelas X Sma Negeri 1 Barumun Tahun Ajaran 2016/2017. Metode
penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri
dari 32 siswa, objek dalam penelitian ini adalah melalui variasi pembelajaran dan
modifikasi alat pada siswa kelas X Sma Negeri 1 Barumun tahun Ajaran
2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
penilaian tolak peluru gaya menyamping.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk teknik tolak peluru gaya menyamping. Setelah siklus I
dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 32 orang siswa
terdapat 19 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 59,38% dengan nilai rata-rata
70,28 dan yang tidak tuntas 13 siswa yaitu sebesar 40,62% . Ini berarti ketuntasan
belajar klasikal (< 85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan
beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya
dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah
siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 32
orang siswa terdapat 28 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 87,5% dengan nilai
rata-rata 74,84 dan yang tidak tuntas 4 siswa yaitu 12,5%. Ini berarti ketuntasan
belajar secara klasikal(> 85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil
belajar tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas X Sma Negeri 1 Barumun
tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 011 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Atletik, Tolak Peluru, Gaya Menyamping |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 01:55 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23001 |