Gultom, Harry Syahputra (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI WAWANCARA BERBASIS KESANTUNAN BERBAHASA DI SMA MEDAN PUTRI. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146191008 COVER .pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
02. NIM. 8146191008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
03. NIM. 8146191008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
04. NIM. 8146191008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
05. NIM. 8146191008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
06. NIM. 8146191008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
07. NIM. 8146191008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. NIM. 8146191008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. NIM. 8146191008 LIST OF TECHINCAL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
010. NIM. 8146191008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
014. NIM. 8146191008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
015. NIM. 8146191008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola bahan ajar materi wawancara berbasis kesantunan berbahasa,(2) kelayakan bahan ajar materi wawancara berbasis kesantunan berbahasa, (3) keefektifan bahan ajar materi wawancara berbasis kesantunan berbahasa pada siswa kelas XI SMA Medan Putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Medan Putri pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 8 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 28 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 84,56 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 86,54% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 83,65% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 85,00% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 88,89% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 92,19% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 94,44% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan ajar dengan presentasi 76% dengan kriteria baik. Dengan demikian, bahan ajar wawancara berbasis kesantunan berbahasa yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.