Simbolon, Maria Meriyanti (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARISPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN 3 POS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6121111023 COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2. NIM 6121111023 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
3. NIM 6121111023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM 6121111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM 6121111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM 6121111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM 6121111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8. NIM 6121111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 6121111023 BAB I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
13.NIM 6121111023 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM 6121111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari
sprint melalui pendekatan bermain 3 pos ( Memindahkan kardus, menyusun puzzle, dan
menyentuhkan dada ke bola ) pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Medan Tahun Ajaran
2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11
Medan yang berjumlah 36 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran lari
sprint melalui pendekatan bermain 3 pos.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes
hasil belajar lari sprint diakhir setiap siklus yang berbentuk fortopolio penilaian,
penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil
analisisnya dengan diberikan penerapan melalui model pembelajaran pendekatan
bermain 3 pos, maka diperoleh tes hasil belajar pada siklus I sebanyak 18 orang
siswa yaitu 50% telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 18 orang siswa
yaitu 50% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil
belajar adalah 68,51 (tidak tuntas). Pada siklus I belum dapat memenuhi kriteria
ketuntasan secara klasikal seperti yang diharapkan yaitu 85%. Maka dilakukanlah
siklus II dengan memperoleh data sebanyak 31 orang siswa yaitu 86,11% yang
telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 orang lainnya masih belum tuntas dengan
nilai sebesar 13,89 % dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 76,11 (tuntas).
Dengan kata lain terdapat peningkatan klasikal siklus I 50% menjadi 86,11 %
pada siklus II.
Berdasarkan hasil data analisis dapat disimpulkan bahwa melalui
pendekatan bermain 3 pos tersebut dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint
pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 006 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 09:47 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 09:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22972 |