PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE TPS DI KELAS VII MTS SWASTA AL – ULUM MEDAN

Santi, Rindia Ali (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE TPS DI KELAS VII MTS SWASTA AL – ULUM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121111022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121111022 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4121111022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4121111022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121111022 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121111022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4121111022 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4121111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4121111022 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4121111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4121111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4121111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4121111022 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4121111022 BAB I.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4121111022 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4121111022 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4121111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4121111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121111022 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121111022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan representasi
matematis siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi
daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe NHT di kelas VII MTs
Swasta Al – Ulum Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Al – Ulum Medan yang terdiri dari 6
kelas, sedangkan yang dijadikan sampel terdiri dari dua kelas yang diambil
dengan melakukan tes terhadap kelas VII MTs yaitu VII – 5 sebagai kelas
eksperimen A dengan model kooperatif tipe NHT dan VII – 6 sebagai kelas
eksperimen B dengan model kooperatif tipe TPS dengan masing – masing jumlah
sampel 32 siswa dalam setiap kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk
mengetahui kemampuan representasi matematis siswa adalah tes essay yang telah
valid dengan jumlah soal sebanyak 3 soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata kemampuan representasi
matematis siswa di kelas eksperimen A sebesar 68,469 dan nilai rata – rata
kemampuan representasi matematis siswa di kelas eksperimen B sebesar 63,844.
Hasil perhitungan uji normalitas nilai postest siswa di kelas eksperimen A
diperoleh Lhitung = 0,147 dan Ltabel = 0,157, karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,147 <
0,157 maka sebaran data di kelas eksperimen A berdistribusi normal. Sedangkan
di kelas eksperimen B diperoleh Lhitung = 0,082 dan Ltabel = 0,157, karena Lhitung <
Ltabel yaitu 0,082 < 0,157 maka sebaran data di kelas eksperimen B berdistribusi
normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,388 dan Ftabel = 1,826.
Diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel yaitu 1,388 < 1,826 maka kedua kelas homogen.
Selanjutnya berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 1,206 dan ttabel =
1,999, karena thitung berada dalam interval -1,999 < thitung < 1,999 yang berarti
bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model kooperatif
tipe TPS lebih rendah daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe
NHT di kelas VII MTs Swasta Al- Ulum Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 004
Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, NHT, TPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 05:15
Last Modified: 14 Feb 2017 05:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22958

Actions (login required)

View Item
View Item