Santi, Rindia Ali (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE TPS DI KELAS VII MTS SWASTA AL – ULUM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121111022 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM 4121111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM 4121111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 4121111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
6. NIM 4121111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7. NIM 4121111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. NIM 4121111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM 4121111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
10. NIM 4121111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
14. NIM 4121111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15. NIM 4121111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM 4121111022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan representasi
matematis siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih tinggi
daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe NHT di kelas VII MTs
Swasta Al – Ulum Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Al – Ulum Medan yang terdiri dari 6
kelas, sedangkan yang dijadikan sampel terdiri dari dua kelas yang diambil
dengan melakukan tes terhadap kelas VII MTs yaitu VII – 5 sebagai kelas
eksperimen A dengan model kooperatif tipe NHT dan VII – 6 sebagai kelas
eksperimen B dengan model kooperatif tipe TPS dengan masing – masing jumlah
sampel 32 siswa dalam setiap kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk
mengetahui kemampuan representasi matematis siswa adalah tes essay yang telah
valid dengan jumlah soal sebanyak 3 soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata kemampuan representasi
matematis siswa di kelas eksperimen A sebesar 68,469 dan nilai rata – rata
kemampuan representasi matematis siswa di kelas eksperimen B sebesar 63,844.
Hasil perhitungan uji normalitas nilai postest siswa di kelas eksperimen A
diperoleh Lhitung = 0,147 dan Ltabel = 0,157, karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,147 <
0,157 maka sebaran data di kelas eksperimen A berdistribusi normal. Sedangkan
di kelas eksperimen B diperoleh Lhitung = 0,082 dan Ltabel = 0,157, karena Lhitung <
Ltabel yaitu 0,082 < 0,157 maka sebaran data di kelas eksperimen B berdistribusi
normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,388 dan Ftabel = 1,826.
Diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel yaitu 1,388 < 1,826 maka kedua kelas homogen.
Selanjutnya berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 1,206 dan ttabel =
1,999, karena thitung berada dalam interval -1,999 < thitung < 1,999 yang berarti
bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model kooperatif
tipe TPS lebih rendah daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe
NHT di kelas VII MTs Swasta Al- Ulum Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 004 |
Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis, NHT, TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 05:15 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22958 |