PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM

Putri, Jihan Hidayah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123311019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123311019 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123311019 APPRVOL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123311019 APPRVOL SHEET.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123311019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123311019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123311019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123311019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123311019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123311019 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123311019 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123311019 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123311019 TABLES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123311019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123311019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123311019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123311019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 412311019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 412311019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 412311019 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 412311019 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat memperbaiki proses
pembelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran
2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) dan dilaksanakan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Lubuk
Pakam yang berjumlah 31 orang dan objek penelitian ini adalah model
pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan pada pokok bahasan sistem
persamaan linier dua variabel. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap
siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data
adalah tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas guru dan
siswa, dan wawancara. Sedangkan sarana pendukung pembelajaran terdiri dari
rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan tes individu siswa.
Sebelum perangkat dan instrumen digunakan terlebih dahulu divalidasi oleh 3
orang validator dan telah dinyatakan valid. Analisa data yang dilakukan dalam
beberapa tahap yaitu: reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Dari analisis data tes kemampuan pemecahan masalah terdapat
peningkatan rata-rata yakni; 62,29 pada tes diagnostik, 77,53 pada siklus I, dan
80,32 pada siklus II. Pada kriteria ketuntasan belajar siswa juga terdapat
peningkatan yakni pada tes diagnostik sebanyak 12 orang (37,5%), siklus I
sebanyak 18 orang (58,06%) dan siklus II sebanyak 27 orang (87,10%). Dari
lembar observasi aktivitas guru terdapat peningkatan rata-rata aktivitas guru
yakni; 2,5 (baik) pada siklus I dan 3,65 ( sangat baik) pada siklus II. Dari lembar
observasi aktivitas siswa terdapat peningkatan rata-rata aktivitas siswa yakni; 2,3
(baik) siklus I dan 3,75 (sangat baik) siklus II.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat memperbaiki proses pembelajaran
matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 003
Keywords: Model Pembelajaran, Eleminasi, Determinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 04:48
Last Modified: 14 Feb 2017 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item
View Item