Sari, Pratiwi Sartika (2016) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TAHFIZHIL QUR’AN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146191017 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM.8146191017 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
3. NIM.8146191017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM.8146191017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM.8146191017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
6. NIM.8146191017 TABLES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM.8146191017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM.8146191017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM.8146191017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
13. NIM.8146191017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
14. NIM.8146191017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa yang diajar dengan menggunakan teknik pembelajaran duti-duta dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan teknik pembelajaran teratai, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi, (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan dengan jumlah 68 orang yaitu siswa kelas X-IPA yang berjumlah 34 siswa dan kelas X-AGAMA yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan subjek dilakukan berdasarkan cluster random sampling. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen yang menggunakan faktorial 2 x 2. Oleh karena itu, subjek dibagi atas 2 perlakuan yaitu kelompok siswa yang diberikan teknik pembelajaran duti-duta (perlakuan I), yaitu pada siswa kelas X-AGAMA dan kelompok siswa yang diberikan teknik pembelajaran teratai (perlakuan II), yaitu pada siswa kelas X-IPA. Instrumen motivasi belajar dijaring dengan menggunakan angket. Sedangkan hasil belajar menulis paragraf argumentasi digunakan tes penugasan. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa yang diajarkan dengan teknik duti-duta lebih tinggi (88,530) dari pada yang diajarkan dengan teknik teratai (3,991), (2) hasil belajar menulis paragraf argumentasi yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik (103,060) dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (3,991), (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi (F¬hitung = 90,250 > Ftabel = 3,991).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.707 12 Sar p |
Keywords: | Duti-duta; Teratai; Motivasi; Paragraf argumentasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 03:39 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22854 |